Sabtu, 09 Februari 2008

Benci Jadi Cinta, Sayang Jadi..??

Huuuuuuuuuuh.. baru kali ini gu nemuin cowok senyebelin itu!! Masih anak baru tapi dah berani nantangin gue. Liat aja, ujian besok, giliran gue yang cetak top score di kelas. Pasti. Paastii.. Paaastiii...
“Tinaaa!! Bangun dong, Sayang. Ntar telat lagi ke sekolah. Katanya ada ujian,” teriak Mama sambil membuka jendela kamarku.
Siaul, gue telat bangun. Semalem ketiduran lagi. Aduh, gimana dong ujian gue. Mana gue belom sempet belajar lagi, kalah lagi deh ntar ama si kunyuk, pikirku sambil bergegas mandi dan bersiap memperoleh kekalahan.
Udah setengah semester ini, gue saingan nilai sama Adi, anak baru di kelas gue. Ga cuma ngerebut posisi pertama di setiap pembagian nilai tugas dan ujian, dia juga ngerebut perhatian temen-temen ma guru-guru di kelas. Padahal semester lalu, guelah yang jadi bintang dan dipuja-puji di kelas.
Saking sebelnya ma tu anak, gue dengan lantang ngobarin api permusuhan di depan tu anak. Dan ternyata, ditanggapi positif ma dia. Maka resmilah perang saudara antara kami di dalam kelas. Tak hanya, berebut nilai dan perhatian, kami juga saling menjatuhkan image lawan. Misalnya saat guru bertanya,”Siapa yang bisa menyelesaikan soal terakhir di papan tulis?”
Maka aku dengan lantang menjawab,”Rosa, Bu.”
“Rosa?” tanya bu guru sambil mengernyitkan dahi kepadaku.
“Iya, Bu. Rosadi.”
Terkekeklah seisi kelasku dan tertangkaplah wajah kusutnya yang kutanggapi dengan senyuman bahagia.
Di lain kesempatan, datang tamu kelas menanyakan siapa ketua kelasku.
Dengan girang, dia menjawab,”Tuh si Agus.”
Serempak seisi kelas menengok padanya, terutama aku. Halo, akulah sang ketua kelas yang dicari. Dan namaku bukan Agus. Gila ya, nih anak. Namaku kan.. mmhh, Agustina. Sialan!!
Yah, begitulah. Nyaris setiap hari kami berperang panas maupun dingin. Nyaris setiap bertemu kami saling mencibir. Nyaris setiap hari kami saling mencari kesalahan lawan. Nyaris setiap hari kami memutar otak untuk melakukan serangan berikutnya. Nyaris setiap hari kami merasa gelisah kalo belum melontarkan kata-kata pedas. Nyaris setiap hari kami merasa resah kalo belom bertatap-tatapan sinis. Nyaris setiap hari, kami jadi merana kalo belom menerima serangan lawan. Nyaris setiap hari, kami jadi semangat masuk sekolah tiap hari biar bisa ketemu sama.. heeeeeeeh?!
Hehe.. gitu dey. Tanpa sadar gue dah ngelewatin batas tipis antara benci dan cinta. Halah!! Eh, beneran niy. Soalnya, demi mendamaikan kami berdua, guru-guru dan teman-teman di sekolah bersekongkol menyatukan kami dalam setiap pembagian tugas kelompok dan bahkan mendudukan kami bersebelahan.
Pertama bekerja sama, kami sering banget berdebat kusir, lama-lama ga tau kenapa, dia jadi sering ngalah. Kadang-kadang, gue nangkep dia senyum-sendiri. Ih, dah gila kali ya tu anak. Kalo gue lagi bengong-bengong ga jelas, dia bertingkah konyol yang bikin gue ngakak ampe sakit perut.
Sampai akhirnya..
Gue lagi sedih gara-gara kalah dalam semifinal lomba cerdas tangkas di sekolah, sedangkan dia masuk final dan dapat juara unggulan. Gue yang malu campur sedih jadi ga konsen belajar, padahal hari itu ada ujian elektronika. Uh, ga banget deh. Gue sih oke-oke aja disuruh ngapalin rumus dan gambar rangkaian, tapi jangan suruh gue ngegambar barang elektronik. Apalagi, guru elektronika gue itu rese banget. Masak rangkaian setrika gue udah bener tapi cuma dapet 8 poin dari 10 poin maksimum. Alasannya, gambar gue ga mirip kayak setrika. Yaelah, yang penting kan rangkaiannya, bukan setrikanya.
Hari itu, guru gue nyuruh kami ngegambar rangkaian gitar listrik. Tanpa sadar gue bergumam,”Mati deh gue. Pasti ntar gue Cuma dapet 5 poin gara-gara bentuknya ga kayak gitar..”
Tiba-tiba, Adi narik lembar jawab ujian gue dan ngegambarin gue gitar listrik. Gue cuma bisa bengong doang. Tiba-tiba dia balikin kertas gue sambil bilang,”Lo bisa gambar rangkaiannya sendiri kan?”
Dan gue yang masih dalam keadaan syok cuma ngejawab,”Hhh, iya.. iya, bisa kok.”
Pulang sekolah, gue kepikiran kejadian itu terus dan baru sadar kalo gue belom ngucapin makasih. Akhirnya, gue ngubungin dia via ponsel. Gara-gara sering kerja kelompok bareng dia, gue jadi tau nomor ponselnya. Sebagai rasa terima kasih, gue ngajak dia makan di PIM (Pondok Indah Mall).
“Wah, makasih ya traktirannya. Sering-sering aja,” canda Adi yang gue jawab dengan ketus,”Sering-sering aja gigi lo!! Gue nraktir cuma sebagai rasa terima kasih gue. Sebenarnya sih gue ga berterima kasih juga ga papa kali, secara gue ga pernah minta tolong. Lo-nya aja yang merelakan diri buat ngegambar tu gitar.”
“Gue cuma bercanda kok, Tin. Lo jangan langsung ngamuk gitu dong.”
“Hah, siapa yang ngamuk? Gue kan.. bercanda juga,” jawabku kikuk.
“Oh, kirain.. Mmm, karena lo dah nraktir gue makan, gue mo nraktir lo nonton film. Terserah lo deh mo nonton apa.”
“Gue mo liat remake-an Badai Pasti Berlalu soalnya gue ngefans banget ma Vino-Haanun. Lo tahan ga nonton yang kayak gitu?”
“Apa sih yang ga buat lo,” jawabnya datar.
Heh?! Gue ga salah denger kan yang barusan?
Sepanjang nonton tu film, gue deg-degan banget, tapi pas ngelirik dia, dianya biasa aja. Gimana sih?!
Selesai nonton, gue minta ditemenin bentar ke supermarket buat beli daging cincang pesenan nyokap. Eh, di depan tukang daging, tiba-tiba dia bilang,”Tin, gue sayang ma lo. Kita jadian yuk..”
Niy anak niat jadian ga sih. Masak ngajak jadian kayak ngajak makan? Di tempat daging yang super bau, diliatin en diketawain ma tukang-tukang dagingnya lagi. Tapi berhubung gue sadar kalo gue juga sayang ama dia, ya gue jawab aja,”Eee, yuuuk..”
“Serius lo?!” tanya dia girang.
“Yaaa, serius..”
“Lo juga sayang ama gue?”
“Ya, gitu deh.”
“Yes! Yes!! YES!!” serunya.
“Eh, tapi inget, lo ga usah ngomong ke temen-temen kalo kita dah jadian.”
“Lho, kenapa?”
“Ya, ga papa sih. Jangan sekarang, ntar-ntaran aja kasi taunya.”
“Oh, oke. Beres..”
Gue pun tersenyum bahagia sampai akhirnya gue sadar... ”Yuk cepetan bayar, bau nih,” kataku sambil menutup hidung dan meninggalkan tempat daging beserta tukang-tukangnya yang saling berbisik-bisik menertawakan kami.
***
“Oh, akhirnya kalian jadian juga. Cie.. Kqkq.. Dulu katanya benci.. sekarang jadi cinta,” cecar teman-teman ketika aku baru sampai di kelas.
“Siapa yang jadian?” tanyaku berlagak pilon.
“Dih, pake nanya lagi,” cibir Rani.
“Lo ga usah sok polos, Tin. Kita semua dah pada tau kok kalo hari Minggu kemaren lo jadian ma Adi kan. Abis itu, kalian nonton plus makan siang bareng di PIM. Ya, kan? Duh, mesra amat niy pasangan baru kita,” seru Fahri.
“Bagus deh, berarti kelas kita ga bakalan kayak disatronin preman pasar. Ga bakal ribut-ribut lagi. Ya, ga temen-temen?” tanya Krista.
“Iyaaaaaaaaaa,” seru seisi kelas serempak.
“Udah, Tin, mending lo ngaku aja deh. Ceritanya kalian dah damai nih?” Cindy bertanya.
“Ga, cuma gencatan senjata doang,” jawabku keki sambil duduk dengan geram di kursiku. Pasti si kunyuk itu yang nyebarin soal jadian ini. Duh, malu banget, gue.. Awas aja tuh anak.
“Yuhu, pujaan hati Tina dah dateng tuh.”
Langsung aja gue samperin dia di depan kelas.
Seisi kelas serempak meledek,“Cie yang baru..”
“Heh, lo kan yang ngasih tau anak-anak soal jadian kita?” tukasku.
“Iya, emang kenapa?” tanyanya polos.
“Emang kenapa?! Gue kan dah bilang ngasih taunya ntar-ntaran aja.”
“Lha, ntarnya kemaren kan bisa tadi malem, ato pagi ini. Lagian lo ga usah sesewot itu kali.”
“Gue kan malu, gimana sih lo. Katanya sayang ma gue, tapi kok ga ngerti perasaan gue?”
“Heh, lo sendiri, katanya sayang ama gue, tapi kok pake malu ngaku kalo kita dah jadian?”
“Siapa bilang gue sayang ma lo?”
“Ya, elo sendiri..”
“Kapan?!”
“Kemaren pas kita jadian..”
“Masak sih?!”
“Ye, pake sok lupa segala lagi..”
“Bodo. Itu kan kemaren. Sekarang gue ga sayang ma lo lagi!!” pekikku.
“Ya, kalo gitu perasaan lo ke gue sekarang apaan dong?”
“Sebeeeeeeeeeeeeeeeel,” geramku.
“Gawat, kayaknya masa gencatan senjata udah abis nih,” gumam salah seorang temanku diikuti
anggukan lemas teman-teman yang lain.
nb: Niy cerpen emank norakz abiz. Gue emank ga bakat euy nulis2 crita. Yang penting kan mau belajar nuangin ide, daripada ide2 gue buyar smua kayak yg udah2. Sbenernya maksud gue ga senorakz ini siy, tapi jadinya malah begini doank.. Hikz..

2 komentar:

welii mengatakan...

heyy..nama sy welii..

salam kenall !!

bgus blognya..

mau nny, gmana caranya ganti template ma nambahin jam sama kalender??

keepkont..

nouphz mengatakan...

maaf, baru bales. blog ini ga pernah kubuka lagi karena lupa passwordnya. caranya bisa dilihat di blog baru aku. ini link-nya ya...
http://nouphz.blogspot.com/2012/07/make-it-personal.html