Sabtu, 09 Februari 2008

Pengertian Komunikasi Politik

(Niy tugas pertama makul komunikasi politik. Sumbernya macem2, liat sendiri aja. Kesimpulannya, ya tarik sendiri aja. Wokeh?!)

1. Komunikasi politik adalah komunikasi yang melibatkan pesan-pesan politik dan aktor-aktor politik, atau berkaitan dengan kekuasaan, pemerintahan, dan kebijakan pemerintah.
http://romeltea.wordpress.com/2007/08/25/komunikasi-politik/


2. Komunikasi politik adalah komunikasi antara “yang memerintah” dan “yang diperintah”.
http://romeltea.wordpress.com/2007/08/25/komunikasi-politik/

3. Gabriel Almond: Komunikasi politik adalah salah satu fungsi yang selalu ada dalam setiap sistem politik. Komunikasi politik merupakan proses penyampaian pesan-pesan yang terjadi pada saat enam fungsi lainnya itu dijalankan, yaitu sosialisasi dan rekrutmen politik, artikulasi kepentingan, agregasi kepentingan, membuat peraturan, aplikasi peraturan, dan ajudikasi peraturan.. Hal ini berarti bahwa fungsi komunikasi politik terdapat secara inherent di dalam setiap fungsi sistem politik.
Gabriel Almond and G Bingham Powell. 1976. Comparative Politics: A Developmental Approach. New Delhi: Oxford & IBH Publishing Company.

4. Perloff: “Process by which a nation’s leadership, media, and citizenry exchange and confer meaning upon messages that relate to the conduct of public policy.” Komunikasi politik adalah proses dimana pemimpin bangsa, media, dan warga negara mengubah dan memberi makna pada pesan-pesan yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan umum.

5. Fagen (1966): “Communicatory activity considered political by virtue of its consequences, actual, and potential, that it has for the funcioning of political systems.” Aktifitas komunikasi dikatakan bersifat politik berdasarkan konsekuensi, kebenaran, dan potensinya yang memiliki fungsi pada sistem politik.

6. Meadow (1980): “Political communication refers to any exchange of symbols or messages that to a significant extent have been shaped by or have consequences for the political system.” Komunikasi politik memiliki makna setiap perubahan simbol-simbol dan pesan-pesan yang signifikan terhadap suatu keadaan politik atau memiliki konsekuensi terhadap sistem politik.

7. Miriam Budiardjo: Komunikasi politik merupakan salah satu fungsi partai politik, yakni menyalurkan aneka ragam pendapat dan aspirasi masyarakat dan mengaturnya sedemikian rupa –”penggabungan kepentingan” (interest aggregation” dan “perumusan kepentingan” (interest articulation)– untuk diperjuangkan menjadi kebijakan politik.
Prof. Miriam Budiardjo. 1982. Dasar-Dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.

8. Jack Plano dkk: Komunikasi politik merupakan penyebaran aksi, makna, atau pesan yang bersangkutan dengan fungsi suatu sistem politik, melibatkan unsur-unsur komunikasi seperti komunikator, pesan, dan lainnya.
Jack Plano, dkk. 1989. Kamus Analisa Politik. Jakarta: Rajawali.

9. Wikipedia: “Political communication is a field of communications that is concerned with politics.” Komunikasi politik merupakan area komunikasi yang memiliki perhatian khusus terhadap aspek politik.

10. Dan Nimmo: Komunikasi politik adalah aktivitas komunikasi yang bermuatan politik untuk tujuan kebajikan dengan berbagai konsekuensi yang mengatur tingkah laku manusia dalam keadaan konflik.
Dan Nimmo. 1982. Komunikasi Politik. Bandung: Rosda.

11. Astrid S. Susanto (1979): Komunikasi politik adalah yang diarahkan pada pencapaian suatu pengaruh sedemikian rupa sehingga masalah yang dibahas oleh jenis kegiatan komunikasi ini, dapat mengikat semua warganya melalui suatu sanksi yang ditentukan bersama oleh lembaga-lembaga politik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ada yg lengkapnya lagii gag?

nouphz mengatakan...

lengkapnya ya ada di buku atuh,, ini kan cuma paper tugas aja,, :)