Sabtu, 09 Februari 2008

Proposal Penerbitan Majalah MUMU

(Proposal penerbitan majalah ini dibuat sebagai tugas akhir makul manajemen media massa. Biarpun cuma tugas, gue serius berharap majalah kayak gini bisa terealisasi, mulai dari kota besar ampe ke pelosok-pelosok. Amin.. Oiya, sebenernya gue juga dah bikin budgeting-nya, tapi berhubung margin-nya jadi acak kadul, gue cuma tulis variannya aja, ga pake angka.)
IDENTIFIKASI PROBLEM
Anak-anak memiliki berbagai bakat di dalam diri mereka. Di usia mereka yang masih belia, mereka dibekali oleh sifat selalu ingin tahu dan ingin belajar banyak hal. Dua hal ini menjadi bekal utama bagi mereka untuk mengembangkan sekaligus mengasah potensi yang mereka miliki.
Salah satu bakat yang banyak dimiliki oleh anak-anak dan sangat potensial untuk dikembangkan dan diasah adalah bermusik. Tetapi potensi tersebut membutuhkan sarana pengembangan. Tanpa latihan serius dan sarana memadai, bakat tetap tinggal sebagai potensi dan tidak menelurkan prestasi apa-apa.
Seorang anak yang berbakat di bidang musik tidak akan dapat memperlihatkan kepandaiannya tanpa belajar musik secara serius. Sebaliknya, anak yang memiliki bakat musik tidak terlalu hebat, tetap akan menjadi pemain musik yang andal bila ia belajar musik secara serius. Karena itu, bakat musik seseorang akan lebih berkembang bila didukung dengan pengajaran dan lingkungan yang tepat. Untuk itu, perlu adanya sarana dan latihan yang memadai untuk mengembangkan bakat mereka.
Belakangan potensi ini dicobakembangkan oleh para orang tua melalui kursus musik. Di kota-kota besar, sudah sangat lazim jika sepulang sekolah atau pada akhir pekan, anak-anak mengikuti kursus musik, baik di tempat kursus maupun secara pribadi di rumah.
Pengenalan berbagai jenis alat musik akan baik bagi pengembangan bakat anak. Hal itu penting karena para ahli pendidik musik di dalam maupun di luar negeri belum dapat menemukan cara yang pasti untuk meramalkan keberhasilan seorang anak memainkan alat musik tertentu. Sebab, kenyataannya banyak sekali anak yang mulai dengan alat musik hanya untuk mengetahui bahwa itu bukan alat yang cocok untuknya.
Musik sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Musik memiliki 3 bagian penting yaitu beat, ritme, dan harmoni. Beat mempengaruhi tubuh, ritme mempengaruhi jiwa, sedangkan harmoni mempengaruhi roh. Sehingga, seorang anak yang sejak kecil terbiasa mendengarkan musik, kecerdasan emosional dan intelegensinya akan lebih berkembang dibandingkan dengan anak yang jarang mendengarkan musik. Yang dimaksud musik di sini adalah musik yang memiliki irama teratur dan nada-nada yang teratur, bukan nada-nada "miring". Tingkat kedisiplinan anak yang sering mendengarkan musik juga lebih baik dibanding dengan anak yang jarang mendengarkan musik.
Sayangnya, sarana dan latihan yang memadai untuk mengembangkan pengetahuan maupun kreativitas anak dalam bermusik di luar jalur kursus masih sangat terbatas. Di Indonesia, belum ada media suatu khusus yang menyediakan kebutuhan anak untuk mengembangkan talenta mereka, khususnya dalam bermusik. Padahal hal ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan musik anak di tanah air. Selain itu, orang tua juga perlu tahu bagaimana mengarahkan bakat musik dalam diri anak-anak mereka.

SOLUSI
Untuk itulah, kami berencana menerbitkan sebuah majalah musik bagi anak-anak. Hal ini merupakan wujud kepedulian kami akan perkembangan musik di tanah air, terutama musik bagi anak-anak.
Adapun tujuan kami dalam menerbitkan majalah Mumu adalah sebagai berikut.
  1. Untuk memenuhi kebutuhan anak dan orang tua tentang perkembangan dunia musik anak, baik berupa event musik maupun produk seni yang baru dirilis.
  2. Untuk menambah wawasan anak-anak mengenai musik, baik tradisional Indonesia, kontemporer Indonesia, maupun musik luar negeri.
  3. Untuk memberikan bimbingan dan arahan yang positif pada anak-anak agar mereka dapat mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang seni musik.
  4. Untuk menampung aspirasi, ekspresi, dan kreasi anak-anak- khususnya di bidang seni musik.
  5. Untuk membantu pada orang tua/pembimbing dalam membimbing dan mengarahkan minat dan bakat anak-anak mereka di bidang seni musik, dan menginformasikan kepada para orang tua/pembimbing tentang musik apa yang baik dan kurang baik didengar oleh anak-anak. Bukan hanya nada dan ritmenya saja, tetapi juga lirik yang terkandung di dalamnya.

JENIS MEDIA
Jenis media ini adalah majalah. Isi dari majalah ini adalah berbagai hal mengenai musik. Cakupan bahasan musik dalam majalah ini mencapai 80%, sementara sisanya merupakan pengetahuan dan keterampilan lain-lain yang juga menunjang perkembangan kreativitas maupun daya pikir anak. Misalnya, rubrik-rubrik yang menampung bentuk kreasi lain dari pembaca anak-anak, seperti puisi, cerita, atau gambar. Contoh lain adalah bahasan isu lokal maupun global serta rubrik opini untuk memancing daya kritis anak.
Bentuk majalah dipilih sebagai jenis media yang disajikan dengan pertimbangan bahwa majalah dapat menyajikan informasi secara lengkap dan mendalam kepada pembacanya. Majalah juga memiliki rubrikasi yang jelas sehingga para pembacanya tidak perlu merasa kesulitan untuk menemukan informasi yang mereka cari. Ini tentu sangat membantu pembaca anak-anak. Bahkan, pembaca dapat membacanya kembali di lain waktu bila diperlukan.
Selain itu, bentuk majalah sangat praktis untuk dibawa kemanapun, sehingga dapat dikonsumsi (dibaca) kapanpun dan dimanapun, sesuai keinginan pembaca. Jika ingin menginformasikan hal-hal tertentu yang telah mereka baca kepada teman atau keluarga, pembaca hanya perlu menunjukan rubrik yang dimaksud, jadi tidak perlu mengulang penyampaian informasi yang nantinya bisa jadi menimbulkan perbedaan pemahaman.

NAMA MEDIA
Nama Mumu merupakan singkatan dari ‘Music and Music’. Maksudnya, isi majalah ini adalah mengenai musik, musik, dan musik. Memang ada selipan berbagai pengetahuan dan jenis seni yang lain, tetapi hal utama yang disorot oleh majalah ini, tetaplah dunia musik anak.
Nama ‘Mumu’ ini dipilih karena nama ini cukup singkat/sederhana dan bukan merupakan nama yang biasa dipakai, sehingga mudah diingat oleh anak-anak. Nama ini diharapkan dapat melekat di hati anak-anak layaknya mereka mengingat nama teman mereka.
Slogan majalah Mumu sendiri adalah ‘Temanmu Berkreasi’. Jadi kami ingin menjadikan majalah ini sebagai teman anak-anak dalam mengembangkan minat dan bakat musik mereka. Tak hanya itu, majalah ini juga diharapkan dapat menjadi teman dalam mengekspresikan kreasi seni mereka, khususnya di bidang musik.

PARADIGMA YANG DIGUNAKAN
Majalah Mumu mengadopsi 3 jenis paradigma dalam penyajian pada tiap edisi/ terbitannya, yaitu seperti yang tertera di bawah ini.
1. Paradigma Edukasi
Majalah ini hadir sebagai penyaji informasi seputar dunia musik anak, termasuk juga arahan/bimbingan kepada anak-anak untuk mengembangkan minat, bakat, dan wawasan mereka di bidang seni, terutama seni musik.
2. Paradigma Propaganda
Media merupakan salah satu alat propaganda untuk emmpengaruhi orang lain. Kami ingin menyebarluaskan ide-ide mengenai pengembangan minat dan bakat anak, terutama dalam bidang seni musik. Kami bermaksud mengarahkan masyarakat untuk menumbuhkan kepedulian mereka terhadap pengembangan minat dan bakat musik anak, bukan mengeksploitasi bakat mereka.
3. Paradigma Pasar
Masyarakat memiliki kebebasan untuk memilih media yang ingin mereka konsumsi, sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing. Untuk itu, majalah ini hadir sebagai penyedia kebutuhan masyarakat akan sarana berupa media yang menyajikan info seputar dunia musik anak dalam rangka mengembangkan minat dan bakat musik anak. Tentu agar masyarakat tertarik mengonsumsi, kami menyajikan informasi secara menarik dengan isi yang berkualitas.

SASARAN
ASPEK DEMOGRAFIS
Majalah ini didedikasikan untuk anak-anak. Oleh karena itu, kami menawarkan Mumu dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat umum, terutama yang berstatus sosial A, B, C1, dan C2. Hal ini dimaksudkan agar semakin banyak anak yang dapat membaca Mumu sehingga mereka makin leluasa mengembangkan minat dan bakat mereka.
Tingkat pendidikan pembaca utama kami adalah SD, bisa yang sedang duduk di bangku SD, yang telah lulus SD, bahkan bisa juga yang belum duduk di bangku SD, yang penting mereka telah bisa membaca. Orang tua atau pembimbing juga bisa membantu membacakan informasi yang tersaji dalam majalah ini kepada anak-anak mereka yang belum dapat membaca.
Mumu memang secara khusus diperuntukan bagi anak-anak, tetapi Mumu bisa dibaca oleh semua usia. Walaupun demikian terkadang anak-anak belum bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, oleh karena itu, kami membedakan sasaran target audiens dan konsumen kami sebagai berikut.
1. Target Audiens (pembaca)
Target primer : 4-12 tahun
Target sekunder : > 12 tahun
Jadi dapat disimpulkan bahwa target audiens utama kami adalah anak-anak, sementara target sekundernya adalah remaja dan dewasa yang memiliki keinginatahuan maupun kepedulian terhadap perkembangan musik bagi anak-anak.
2. Target Konsumen (pembeli)
Target primer : 23-40 tahun
Target sekunder : <>
ASPEK PSIKOGRAFIS
Mumu dikonsumsi oleh anak-anak yang ingin mengembangkan minat dan bakat, serta wawasan mereka di bidang seni, terutama musik. Tak hanya anak-anak saja yang dapat mengonsumsi Mumu, melainkan juga remaja dan dewasa yang memiliki kepedulian terhadap dunia musik anak, terutama para orang tua yang ingin membantu anak-anak mereka dalam mengembangkan minat dan bakat anak di bidang musik.

ASPEK GEOGRAFIS
Untuk sementara waktu, Mumu hanya dapat dikonsumsi oleh masyarakat di kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti JaBoDeTaBek, Bandung, Semarang, dan Surabaya, terutama mereka yang tinggal dan beraktivitas di wilayah urban. Tetapi nantinya kami akan memperluas pasar hingga ke seluruh pelosok Indonesia karena banyak anak-anak Indonesia yang memiliki minat dan bakat di bidang musik dan memmbutuhkan sarana media untuk membantu membimbing dan mengarah minat dan bakat mereka agar dapat berkembang ke arah yang positif.

RUBRIKASI
PEMBAGIAN RUBRIK
Majalah mumu akan mengulas berbagai topik dan menyajikannya di berbagai rubrik, berdasarkan pola bahasan yang telah ditentukan pada tiap rubriknya. Rubrik dalam majalah Mumu dibagi menjadi dua jenis, yakni rubrik tetap maupun rubrik tidak tetap. Setiap rubrik yang kami sajikan bertujuan untuk mengembangkan bakat, daya pikir, maupun kreativitas anak.
Banyak rubrik yang kami sajikan menggunakan ‘our’ dengan maksud agar anak-anak merasa terajak karena mereka dapat merasakan bahwa mereka merupakan bagian dari pembahasan kami sehingga mereka dapat menganggap Mumu sebagi teman mereka. Berikut perincian rubrik yang kami sajikan.

Rubrik Tetap
1. Our Menu
Rubrik ini semacam daftar isi majalah yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat menarik, namun tetap teratur sehingga anak-anak mudah mencari halaman rubrik yang ingin dibaca terlebih dahulu.

2. Our Mails
Seperti namanya, rubrik ini memuat surat-surat dari pembaca kepada kami, baik berupa kritik, saran, maupun pertanyaan tertentu yang berkenaan dengan rubrik yang kami sajikan. Tentu kami tidak dapat menampilkan semua surat yang masuk, tetapi akan kami pilihkan perwakilannya saja, terutama surat yang isinya kurang lebih sama dengan surat-surat lainnya, akan kami pilihkan satu atau dua yang paling mewakili.

3. Our Editor Says
Ini merupakan rubrik yang sepenuhnya berisi kesan dan pesan dari editor majalah. Isinya merupakan latar belakang pemilihan tema edisi serta ulasan singkat rubrik-rubrik yang diunggulkan dalam edisi tersebut sebagai referensi awal pembaca memilih rubrik yang akan dibaca terlebih dahulu.

4. Our Schedule
Rubrik ini berisi kotak-kaotak yang diisi angka seperti kalender. Di dalamnya disajikan jadwal berbagai event musik bagi anak maupun keluarga yang digelar di Indonesia, baik pentas seni, konser, workshop, maupun perlombaan. Kami juga menyelipkan hari ulang tahun selebritis favorit anak dan kata-kata mutiara bagi anak-anak.

5. Our Cover
Rubrik ini memuat ulasan berupa profil dari seseorang yang berkecimpung di bidang musik, baik penyanyi, pencipta lagu, produser, dan lain sebagainya yang kisahnya dapat menjadi panutan bagi anak-anak. Ini dimaksudkan agar anak-anak semakin mengenal musik dan seluk-beluk produksi sampai promosinya dari sang tokoh langsung sehingga anak-anak dapat memahami secara jelas dan bisa termotivasi mengembangkan kreasinya.

6. Fun With Music
Rubrik ini berisi lagu yang liriknya merupakan bahan untuk belajar. Pembaca dapat meminta materi apa yang ingin dipelajari, misalnya belajar huruf, bahasa asing, menghafal ibukota negara, dan lain sebagainya. Agar dapat menyanyikannya, pembaca anak dapat meminta bimbingan dari pembaca dewasa yang memahami cara membaca not.

7. Guess What?!
Rubrik ini berisi berita singkat (semacam laporan) mengenai event musik yang anak maupun keluarga yang berlangsung pada bulan sebelumnya. Selain event musik, kami juga menyajikan berita singkat dari kalangan selebritis favorit anak agar mereka makin mengenal idola mereka.

8. New Release
Rubrik ini menyajikan review terhadap kaset, CD, dan buku yang baru dirilis. Dalam rubrik ini, kami menyajikan kelebihan dan kekurangan produk sebagai referensi sebelum pembaca berburu produk di pasaran.

9. Our Favorites
Rubrik ini berisi resensi kaset, CD, maupun buku favorit pembaca. Resensi tersebut, selain mengupas kelebihan dan kekurangan buku, juga menunjukkan alasan mereka memfavoritkannya. Ini juga dapat dijadikan referensi bagi para pembaca lainnya.

10. Our Maestro
Rubrik ini menampilkan kisah tokoh-tokoh besar dalam dunia musik di Indonesia maupun di dunia internasional, seperti A.T. Mahmud, Titik Puspa, Mozart, L.V. Bethoven, dan sebagainya.

11. On Stage
Rubrik ini mengulas tentang penyelenggaraan suatu konser musik. Tak hanya acara konser yang dibahas di sini, tetapi juga persiapan konser, kesan-pesan terhadap konser tersebut, maupun wawancara khusus dengan pemusik yang melakukan konser tersebut.

12. Our Friends
Rubrik ini merupakan profil anak-anak yang berprestasi di bidang musik. Ank-anak yang ditampilkan tentu bukan selebritis tetapi dari kalangan biasa yang dapat mengembangkan baktnya dengan baik. Rubrik ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pembaca anak untuk lebih mengembangkan minat dan bakatnya di bidang musik dan agar juga bisa meraih prestasi.

13. Musical Instruments
Dalam rubrik ini, di sajikan bahasan singkat mengenai suatu jenis alat musik, baik tradisional maupun kontemporer, yang sudah dikenal maupun yang belum dikenal. Ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan anak mengenai alat musik, bahkan bisa juga menjadi awal ketertarikan mereka untuk mempelajari instrumen-instrumen musik tertentu.

14. Our Schools
Rubrik ini juga merupakan berita kunjungan ke suatu sekolah. Yang dibahas tentu saja kegiatan musik di sekolah tersebut, baik paduan suara, vokal grup sekolah, band, drumband, dan sebagainya. Pembaca juga boleh meminta agar kami mengunjungi dan mengulas tentang kegiatan musik di sekolah mereka.

15. Our Drawings
Ini rubrik ringan yang memuat gambar yang merupakan buah karya pembaca anak-anak. Karya tersebut dikirimkan melalui surat maupun email. Ini dimaksudkan untuk mewadahi bakat lain yang dimiliki oleh anak-anak, yakni dalam bidang menggambar maupun melukis. Pembaca yang gambarnya dimuat akan memperoleh suvenir dari kami sebagai bentuk penghargaan akan kreativitas mereka.

16. Our Poems
Sama seperti Our Drawings, rubrik ini juga mewadahi bakat lain dari anak-anak di luar musik, yakni dalam berpuisi/ bersyair. Pembaca yang puisinya dimuat akan memperoleh suvenir dari kami sebagai bentuk penghargaan akan kreativitas mereka.

17. Not Just A Poem
Rubrik ini merupakan rubrik kuis/sayembara di mana pembaca diajak untuk menggubah sebuah puisi menjadi sebuah lagu. Puisi yang dijadikan bahan kuis merupakan puisi yang terpilih pada edisi sebelumnya. Hasil gubahan yang menang akan ditampilkan pada dua edisi setelahnya. Begitu seterusnya. Pemenang juga akan mendapat suvenir sebagai bentuk penghargaan kreativitas mereka.

18. Hot Issue
Mengulas topik tertentu yang sedang marak dibicarakan, baik bidang politik, ekonomi, maupun sosial budaya dengan ulasan ringan, yakni dalam gaya bahasa yang mudah dipahami anak-anak. Ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kepekaan anak-anak terhadap hal-hal yang terjadi di sekitarnya sehingga anak-anak dapat mengembangkan serta meningkatkan kepedulian mereka terhadap lingkungan, termasuk isu-isu yang ada di sekitar mereka.

19. Our Opinions
Rubrik ini merupakan surat dari pembaca yang berisi opini yang mengenai sesuatu hal yang pada edisi sebelumnya telah kami tentukan. Jadi, kami memberi isu tertentu yang berupa pertanyaan atau pernyataan, lalu kami meminta para pembaca untuk memberikan pendapat atau komentar mereka terhadap pentanyaan maupun pernyataan yang kami ajukan. Rubrik ini diharapkan dapat meningkatkan daya kritis anak dalam menanggapi suatu isu. Sama seperti rubrik Hot Issue, rubrik ini juga dimaksudkan agar anak-anak makin peka pada lingkungan maupun isu-isu yang ada di sekitar mereka.

20. Our Stories
Rubrik ini memuat cerita dari para pembaca, dapat berupa curahan hati tentang pengalaman yang mereka alami, kisah hidup seseorang yang mereka kagumi, atau hanya cerita fiksi yang mereka karang, tentunya dengan menyajikan informasi jenis cerita di atas cerita yang disajikan, apakah itu fiksi atau nonfiksi.

21. Let’s Play Together
Rubrik ini berisi not dan lirik lagu. Lagu yang disajikan berdasarkan pada permintaan (request) pembaca. Rubrik ini membantu pembaca yang ingin mencoba memainkan instrumen lagu-lagu favorit mereka. Tak hanya berisi not dan lirik, rubrik ini juga menyajikan akord untuk membantu pembaca yang mempelajari instrumen keyboard atau gitar.

22. Win It!!
Ini merupakan rubrik kuis di mana terdapat sayembara yang berbeda-beda jenis permainannya pada tiap edisi. Pembaca yang dapat menyelesaikan sayembara yang diberikan dapat mengirimkan penyelesaiannya pada kantor kami dan pemenang yang telah diumumkan pada edisi berikutnya berhak atas hadiah yang tertera. Hadiahnya dapat berupa cd, kaset, poster atau foto bertanda tangan, dan sebagainya.

Rubrik Tidak Tetap
1. Poster
Kami menyajikan poster setiap tiga bulan sekali yang menampilkan penyanyi atau band favorit anak. Hal ini tentu saja demi mewujudkan keinginan pembaca yang suka mengoleksi hal-hal yang menampilkan idola mereka. Untuk itu, pembaca juga dapat melayangkan surat kepada kami untuk meminta poster berisi apa yang akan kami muat. Besarnya poster adalah 4 kali halaman majalah.

2. Give to Your Parents
Rubrik ini mereupakan potongan majalah tersendiri yang setiap tiga bulan sekali akan ditampilkan sebagai rubrik bonus. Rubrik ini diperuntukan bagi para orang tua atau pembimbing anak. Rubrik ini berisi informasi tentang hal-hal terbaru mengenai musik bagi anak-anak, baik berita hasil penelitian terbaru, event seni untuk anak, maupun cara pengembangan bakat musik anak. Semua bahasan dalam rubrik ini, kami harapkan juga dapat meningkatkan hubungan antara anak dengan orang tua/pembimbing mereka.

3. Our Collections
Rubrik ini juga merupakan potongan majalah tersendiri yang terdiri dari beberapa halaman yang berisi kumpulan lagu yang banyak diminta sajian notnya oleh pembaca. Hal ini dikarenakan banyaknya permintaan lagu sementara ruang yang tersedia untuk menyajikannya pada tiap edisi sangat terbatas.

4. Our Activities
Rubrik ini berisi berbagai kegiatan berkreasi, baik dalam musik maupun kreasi seni yang lain. Rubrik ini juga berupa potongan majalah tersendiri. Rubrik ini dibonuskan pada setiap bulan sebelum liburan semester dimulai karena rubrik ini diharapkan dapat menjadi referensi kegiatan anak jika mereka hanya berlibur di rumah saja.

PEMBAGIAN HALAMAN (DENGAN RUBRIK TETAP)
Cover depan luar : 1 halaman
Cover depan dalam : 1 halaman (iklan)
Our Menu : 1 halaman
Our Mails : 2 halaman
Redaksi : 1 halaman
Our Editor Says : 1 halaman
Our Schedule : 2 halaman
Our Cover : 4 halaman
Fun With Music : 2 halaman
Guess What?! : 4 halaman
New Release : 1 halaman
Our Favorites : 1 halaman
Our Maestro : 2 halaman
On Stage : 4 halaman
Musical Instruments : 2 halaman
Our Schools : 2 halaman
Our Drawings : 1 halaman
Our Poems : 1 halaman
Not Just A Poem : 2 halaman
Our Opinions : 1 halaman
Hot Issue : 2 halaman
Our Stories : 1 halaman
Let’s Play Together : 1 halaman
Win It!! : 1 halaman
Pin Up : 1 halaman
Halaman iklan : 16 halaman
Cover belakang dalam: 1 halaman (iklan)
Cover belakang luar : 1 halaman (iklan)
Total : 60 halaman

STRUKTUR ORGANISASI
Organisasi penerbitan majalah ini terdiri dari 25 personil tetap. Nantinya kami juga akan menggunakan jasa free lancer maupun koresponden yang sifatnya membantu, agar memperlancarkan kinerja kami dalam mencari maupun menyajikan informasi bagi para pembaca Mumu.
Selain itu, perusahaan kami juga dapat menerima siswa dan mahasiswa magang, terutama mereka yang memiliki kepedulian yang besar terhadap pengembangan musik bagi anak-anak.
Adapun susunan organisasi dapat dilihat dalam bagan berikut di bawah ini.

  • Pemimpin Umum
  • Editor
  • Manager
  • Produksi
  • Sekretaris
  • Umum
  • Bendahara
  • Umum
  • Pemasaran
  • Humas
  • Sirkulasi & Distribusi
  • Personalia
  • Redaktur
  • Pemimpin
  • Redaksi
  • Pemimpin
  • Perusahaan
  • Finishing
  • Lay Out & Artistik
  • Fotografer & Reporter
  • Iklan & Promosi

Berikut ini perincian personil tetap perusahaan kami.
Pemimpin Umum : 1 orang
Pemimpin Redaksi : 1 orang
Pemimpin Perusahaan : 1 orang
Pemimpin Produksi : 1 orang
Editor : 1 orang
Redaktur : 1 orang
Fotografer : 2 orang
Reporter : 4 orang
Lay Out dan Artistik : 2 orang
Finishing : 1 orang
Sekretaris Umum : 1 orang
Bendahara Umum : 1 orang
Pemasaran : 1 orang
Sirkulasi dan Distribusi : 2 orang
Iklan dan Promosi : 3 orang
Humas : 1 orang
Personalia : 1 orang

KARAKTERISTIK MEDIA
KARAKTERISTIK MEDIA
Ukuran : 17,6 cm x 23,2 cm
Posisi : tegak/vertikal
Tebal : 56 halaman
Jenis kertas
Cover : art paper 200 gr
Isi : art paper 120 gr
Warna : full colour

Ciri khas media :
Penggunaan Warna dan Lay Out
Majalah ini menampilkan warna-warna dan lay out yang atraktif dan dinamis agar memberi kesan ceria bagi para pembacanya sehingga dapat menarik minat baca anak-anak.
Isi majalah
Majalah ini berisi berbagai hal seputar dunia musik anak. Karena diperuntukan bagi anak-anak, gaya bahasa yang digunakan adalah gaya bahasa khas anak-anak yang lugas, sehingga mudah dimengerti.
Sampul depan
Sampul depan majalah ini menampilkan gambar salah satu pemusik yang pembahasannya akan masuk dalam rubrik Cover Story. Setiap edisi, kami akan memilihkan gambar sampul yang berbeda-beda karena bahasan yang ingin kami tampilkan pun berbeda-beda. Bagian ini tidak akan diisi oleh iklan produk tertentu karena besar halaman sangat terbatas. Sampul depan juga memuat judul-judul rubrik yang dijagokan agar menairik perhatian konsumen untuk membaca sekaligus membelinya.
Sampul belakang
Sampul belakang diisi oleh iklan satu halaman penuh. Karakter iklan yang dapat ditampilkan adalah yang berhubungan dengan anak-anak maupun yang berhubungan dengan musik. Kami tidak menerima iklan untuk kalangan remaja dewasa, seperti rokok, kondom, pembalut, atau yang lainnya yang tidak berhubungan dengan anak-anak. Hal ini kami lakukan agar tidak terjadi hal-hal tertentu yang ditimbulkan oleh perspektif yang salah dari anak-anak.

WAKTU PENERBITAN
Waktu penerbitan majalah ini adalah satu bulan sekali. Hal ini bertujuan sebagai berikut.
1. Agar berita yang kami sajikan memiliki bahasan/ulasan yang lebih lengkap dan lebih mendalam karena telah ditunjang oleh waktu pencarian berita yang lebih lama.
2. Agar proses produksi, lay out, sampai finishing majalah berjalan dengan dapat dilakukan dengan matang sehingga isi yang tersaji dapat kami jaga kualitasnya.

PEMASARAN DAN DISTRIBUSI
PROMOSI
Sebagai sebuah majalah baru, perusahaan kami berencana mempromosikan majalah Mumu melalui 3 cara, yakni:
Iklan

a. Media Cetak
Kami akan memasang iklan majalah di koran, tabloid, maupun majalah yang dikonsumsi oleh kebanyakan orang tua, seperti Kompas, Jawa Pos, Nova, Femina, Kartini, dan lain sebagainya agar mereka dapat merekomendasikan majalah ini untuk dikonsumsi oleh anak-anak mereka.

b. Outdoor
Kami juga akan memasang beriklan secara outdoor dengan menempelkan poster atau spanduk di tempat yang ramai agar mudah dilihat oleh orang.

c. Internet
Kami juga beriklan di berbagai situs lokal maupun global untuk pengaksesan lokal (khusus Indonesia), seperti Yahoo, Blogspot, Kompas Cyber Media, dan lain sebagainya. Hal ini kami lakukan karena di era ini internet merupakan media yang sering diakses oleh masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di daerah perkotaan. Dengan demikian, masyarakat dapat semakin mengenal majalah Mumu.

Homepage
Perusahaan kami juga memiliki situs/portal majalah Mumu sehingga memudahkan pelanggan untuk mengakses informasi mengenai hal-hal baru yang kami sajikan di majalah ini, termasuk informasi cara berlangganan maupun tempat-temapat yang menyajikan majalah kami.

Sponshorsip
Perusahaan kami berusaha untuk selalu ikut serta dalam mensponsori event-event seni, terutama seni musik, baik pameran, perlombaan, maupun pentas seni. Hal ini kami lakukan semata-mata agar semakin banyak orang yang mengenal majalah Mumu.

B. DISTRIBUSI
Untuk sementara waktu, majalah Mumu hanya didistribusikan dengan harga jual Rp 10.000,-/eksemplar di 4 wilayah di Pulau Jawa, yaitu JaBoDeTaBek, Bandung, Semarang, dan Surabaya dengan perincian sebagai berikut.
· JaBoDeTaBek : 50% x 5000 eksemplar = 2500 eksemplar
· Bandung : 15% x 5000 eksemplar = 750 eksemplar
· Semarang : 15% x 5000 eksemplar = 750 eksemplar
· Surabaya : 20% x 5000 eksemplar = 1000 eksemplar
Adapun pendistribusian majalah ini akan dilakukan dengan 3 cara, yaitu:
1. Eceran
Majalah akan dijual di berbagai kios majalah maupun toko buku. Sistem distribusi dilakukan secara eceran agar para konsumen dapat membacanya tanpa harus merasa terbeban dengan harga langganan yang cukup tinggi karena sekali bayar untuk 6 dan 12 bulan sekaligus.

2. Berlangganan
Majalah terlebih dahulu akan dipesan oleh pelanggan. Pelanggan yang telah memesan kemudiaan membayar tagihan sesuai pesanan, untuk 6 atau 12 bulan, melalui transfer dalam jumlah tertentu di rekening bank yang telah ditentukan. Bukti transfer dikirimkan pada kami melalui nomor fax kantor. Setelah itu, majalah akan kami antarkan sampai ke alamat pelanggan. Jika jaraknya dapat dijangkau maka akan dilakukan pengiriman secara langsung. Tetapi jika jarak sulit dijangkau, pengiriman akan dilakukan melalui pos.

3. Pameran
Kami menjajakan majalah Mumu di berbagai event pameran, perlombaan, maupun pentas seni. Dengan demikian, majalah ini makin mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Para konsumen yang belum mengetahui di mana majalah tersebut bisa diperoleh, akan dapat memperolehnya melalui cara ini.

BUDGETING
Berikut ini adalah perkiraan biaya, pendapatan, dan keuntungan yang dapat diperoleh, dalam hal ini pada edisi perdana Majalah Mumu.
PERKIRAAN BIAYA
1. Biaya Langsung

a. Biaya Tenaga Kerja
b. Administrasi
c. Pemeliharaan Tempat
d. Reportase
e. Promosi
f. Cetak
2. Biaya Tak Langsung
a. Biaya Inventaris Kantor
b. Peralatan Kantor Lain
c. Rekapitulasi Biaya


PERKIRAAN PENDAPATAN
1. Iklan Halaman
2. Penjualan


* Jumlah produksi 5.000 eksemplar, tetapi yang dijual hanya 4500 eksemplar saja. Sisa 10% dari produksi, yakni 500 eksemplar, dapat digunakan sebagai promosi atau diberikan gratis kepada para pemegang iklan besar.

PERKIRAAN KEUNTUNGAN SEMENTARA (EDISI PERDANA)
Total Pendapatan - Total Biaya = Keuntungan Bersih


PENUTUP
Demikianlah proposal perencanaan penerbitan majalah Mumu ini disusun dengan harapan agar dapat menjadi referensi bagi para pecinta dan pemerhati seni, terutama seni musik bagi anak-anak di Indonesia.
Majalah Mumu akan berupaya penuh untuk selalu memberikan dukungan bagi pengembangan dunia seni di Indonesia secara umum dan dunia musik anak secara khusus.
Semoga dukungan yang dapat kami berikan melalui penerbitan majalah ini dapat membuat anak-anak yang memiliki minat dan bakat di dunia musik dapt semakin mengmbangkan kreasi mereka. Kiranya majalah ini dapat memotivasi mereka untuk terus berkarya, baik di bidang musik, maupun di bidang-bidang yang lain.
Yang tak kalah pentingnya juga adalah semoga majalah ini dapt membantu para orang tua/pembimbing untuk dapat mengarahkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak mereka. Hidup musik! Dukung anak! Mari bersama kita majukan dunia musik anak!!

DAFTAR PUSTAKA
Anderson, Alan H, Kleiner David. 1995. Effective Marketing Communication. Massacchusssets: Blackwell Bussiness.
Baker, Michael J. 1985. Marketing Book Third Edition. Oxford: Heinemann.
Kotler Philip.1993. Manajemen Pemasaran Edisi Ketujuh. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Unviversitas Indonesia.
Timpe, A. Dale. 1990. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

http://en.wikipedia.org/wiki/Children%27s_music
http://www.iqeq.web.id/anak/anak02.shtml
http://www.sahabatnestle.co.id/homev2/main/dunia-dancow/tksk_sd.asp? id=712
http://www.uii.ac.id/majalah.asp?u=164&r=5&t=7&id=12


5 komentar:

Anonim mengatakan...

di upload dong.... yg full version.
btw klo ga bisa kirim ke email gw aja or hubungi ym gw: Gauza_24
thanks, GBU

Unknown mengatakan...

thanks bgt atas artikelnya..
mantap..!!!

Anonim mengatakan...

thanks artikel proposalnya
GBU

Mickey mengatakan...

AMAZING! thanks banget yah informasinya kak. :)

nouphz mengatakan...

sama2,, senang bisa membantu,, maap dibalas denganaccount yang berbeda ya,,
yang full version tidak dpt diupload untuk menghindari penjiplakan. terima kasih...